Pentingnya Memasang Perangkat Norton 360 untuk Komputer Anda

Pentingnya Memasang Perangkat Norton 360 untuk Komputer Anda

Perangkat seperti laptop, PC, atau netbook memang menjadi sarana terbaik Anda untuk bekerja dan mencari hiburan, namun jika Anda tidak hati-hati kala menggunakannya, maka perangkat tersebut bisa terkena virus. Alhasil, tidak hanya kegiatan harian Anda yang akan terganggu, tapi data-data yang disimpan juga bisa hilang. Oleh karena itu, ketahui apa saja kebiasaan buruk penyebab virus dan pentingnya memasang perangkat norton 360.

Kebiasan Buruk yang Menjadi Penyebab Laptop Gampang Kena Virus

Pentingnya Memasang Perangkat Norton 360 untuk Komputer Anda

Kala Anda menggunakan laptop / pc tanpa hati-hati, Anda mungkin suatu hari akan mendapat serangan virus. Lantaran Anda tidak tahu bagaimana virus didapatkan, Anda akan mendapati bahwa tiba-tiba saja sistem operasi Anda berjalan lebih lambat dari biasanya. Bisa juga, file yang Anda simpan tidak bisa ditemukan atau dibuka, data Anda dicuri, atau gangguan-gangguan yang mengakibatkan kerusakan lainnya pada data maupun perangkat.

Itulah mengapa, Anda butuh antivirus untuk diinstal, misalnya saja perangkat Norton 360. Anda boleh marah dengan virus komputer ini, namun harus Anda ketahui bahwa sebenarnya malware tidak akan bisa masuk ke dalam perangkat Anda tanpa keterlibatan Anda sendiri. Jadi, Anda sebagai pengguna utama juga berperan dalam memasukkan virus tersebut dan membuat perangkat Anda kacau. Bagaimana bisa?

Nah, rupanya ada kebiasaan buruk yang Anda lakukan selama menggunakan laptop / pc yang mana berdampak pada masuknya virus. Adapun kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut antara lain :

  • Tidak Suka Install Antivirus

Pertama, kebiasaan buruk yang menyebabkan masuknya virus ke dalam perangkat komputer Anda adalah tidak diinstalnya antivirus. Seperti yang kita tahu, antivirus pada komputer layaknya vaksin pada tubuh manusia. Anda harus sudah menyuntikkannya kala belum terserang virus sebagai tindakan preventif. Salah satu antivirus yang direkomendasikan untuk laptop / pc adalah perangkat Norton 360.

  • Tidak Menggunakan Firewall

Kedua, kebiasaan buruk yang menyebabkan masuknya virus ke dalam perangkat komputer Anda adalah tidak digunakannya firewall. Perangkat ini dipakai untuk memproteksi software Anda dari lalu lintas yang berbahaya dan tidak diinginkan. Jika Anda tidak memasangnya, maka Anda seolah-olah sudah mempersilahkan virus-virus masuk dengan mudah ke dalam komputer Anda.

  • Tidak Melakukan Update Sistem Operasi

Ketiga, kebiasaan buruk yang menyebabkan masuknya virus ke dalam perangkat komputer Anda adalah tidak di update sistem operasi secara berkala. Rupanya, virus tidak hanya bisa masuk dari tidak updatenya suatu program atau aplikasi, melainkan juga dari OS. Nah, OS yang di update secara berkala berguna untuk patching celah keamanan pada komputer Anda dan mengurangi kerentanan software dalam pencurian data.

  • Masuk ke Suatu Link Tidak Jelas

Keempat, kebiasaan buruk yang menyebabkan masuknya virus ke dalam perangkat komputer Anda adalah Anda masuk ke suatu link yang tidak jelas. Misalnya saja Anda ingin login akun social media Anda, lalu ada tautan yang dikirimkan teman yang mana belum terverifikasi isinya. Selain itu, nama situsnya pun aneh. Namun, Anda tanpa takut tetap klik link tersebut dan login sosmed. Inilah yang bisa jadi asal masuknya virus lho.

  • Klik Jendela Pop Up yang Terinfeksi Virus

Terakhir, kebiasaan buruk yang menyebabkan masuknya virus ke dalam perangkat komputer Anda adalah Anda suka mengeklik jendela pop up kala berselancar di internet. Seperti yang kita tahu, di internet banyak sekali pop up bertebaran. Nah, apabila Anda mengekliknya, bisa jadi scareware menyerang dan membuat perangkat Anda benar-benar terinfeksi.

Pentingnya Memasang Perangkat Norton 360 Multi Device

Sesudah membahas mengenai kebiasaan buruk apa saja yang mungkin Anda lakukan kala menggunakan laptop / pc hingga bisa terserang virus, maka sekarang saatnya kita membahas antivirus apa yang recommended untuk Anda gunakan dalam menangkal serangan malware seperti itu. Salah satu antivirus yang terkenal dan wajib Anda install adalah perangkat Norton 360.

Bagi Anda yang belum tahu tentang Norton 360, perangkat antivirus ini merupakan sebuah aplikasi keamanan khusus laptop / pc yang bisa dioperasikan di Microsoft Windows XP dan Vista ke atas. Antivirus ini dibuat oleh Symantec Corporation dan menawarkan perlindungan keamanan tradisional pada laptop maupun pc. Selain itu, perangkat ini juga melindungi keamanan web, berguna sebagai back up, dan juga berfungsi sebagai alat pemeliharaan pc.

Guna komputer Anda bisa menginstal perangkat ini, maka setidaknya Anda harus memiliki prosesor 300 MHZ atau yang lebih tinggi. Selain itu, RAM yang digunakan adalah 256 MB dengan space kosong pada hard drive sekurang-kurangnya adalah 300 MB. Anda juga harus memiliki web browser standar, misalnya firefox 2 atau internet exploler 6, guna melindungi komputer dari phishing.

Berjenis trialware, Norton 360 ini memiliki fitur yang cukup lengkap untuk Anda gunakan. Selain malware, rupanya perangkat ini bisa dipakai di 3 komputer tanpa Anda harus membayar biaya tambahan lagi. Anda juga dapat porsi back up gratis sekitar 2 – 10 GB.

Demikian ulasan menarik mengenai apa saja kebiasaan buruk penyebab virus dan pentingnya memasang perangkat norton 360. Pasang antivirus tersebut dan jangan melakukan kebiasaan buruk yang sudah disebutkan di atas guna menangkal data-data yang disimpan hilang dan serangan virus yang membuat kegiatan harian terganggu. Semoga bermanfaat.