Pentingnya Memasang Perangkat Kaspersky Internet Security Pada Komputer Anda

Pentingnya Memasang Perangkat Kaspersky Internet Security Pada Komputer Anda

Sama halnya seperti kondisi tubuh manusia, perangkat komputer pun juga akan ‘sakit’ apabila terserang virus. Bedanya, virus di dunia manusia berupa bibit penyakit sementara virus di dunia komputer berjenis malware. Banyak ancaman dari malware yang bisa menyerang komputer Anda, salah satunya adalah hilangnya data. Inilah mengapa, Anda disarankan menginstal antivirus seperti perangkat Kaspersky Internet Security.

Darimana Datangnya Serangan Virus di Komputer Anda?

Pentingnya Memasang Perangkat Kaspersky Internet Security Pada Komputer Anda

Seperti yang sudah sejak lama Anda ketahui, ancaman bahaya dari malware tidak hanya membuat komputer Anda  lebih rentan, namun juga bisa rusak dan tidak bisa digunakan. Malware sendiri merupakan kependekan dari Malicious Software yang mana memang bersifat merusak. Pasalnya, malware sejatinya memang bertujuan untuk merusak sistem pada komputer, lengkap dengan kerusakan juga pada program dan softwarenya.

Apabila sebuah komputer sudah terserang malware, maka sebaik-baiknya langkah yang harus dilakukan adalah dengan melakukan pembersihan melalui antivirus ampuh. Salah satu yang direkomendasikan untuk memblokir dan menyapu bersih serangan malware adalah perangkat Kaspersky Internet Security. Namun sebelum menginstal perangkat tersebut, tidak ada salahnya mengenali apa saja penyebab datangnya malware pada komputer Anda.

Usut punya usut, ancaman datangnya malware biasanya datang kala Anda internetan. Malware yang sudah ada di internet bisa masuk ke dalam sistem jaringan komputer Anda dan menimbulkan dampak buruk. Anda tentu masih ingat dengan kasus serangan virus yang merusak jutaan komputer milik CIA? Nah, virus-virus ini rupanya bisa datang dari jaringan internet dan berjenis macam-macam, mulai dari scareware, spyware, dan lain-lainnya.

Alhasil, agar Anda tidak terperangkap dengan jebakan-jebakan malware tersebut di internet, berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda lakukan sebagai tindakan preventif ketika berselancar di internet, yakni :

  • Tidak Menggunakan Adobe Reader dengan Pengaturan Default

Pertama, hal yang perlu Anda lakukan sebagai tindakan preventif ketika berselancar di internet adalah tidak menggunakan adobe reader dengan pengaturan default. Tentunya, mereka yang sudah expert dalam bidang komputer akan paham bahwa aplikasi pra-instal ini sebenarnya bisa menjadi jalur penyebaran malware. Nah, agar Anda tidak mendapat serangan malware, maka setting Adobe Acrobat / Reader Anda dengan penyesuaian lagi.

  • Tidak Internetan dengan Mengaktifkan JavaScript Secara Default

Kedua, hal yang perlu Anda lakukan sebagai tindakan preventif ketika berselancar di internet adalah tidak mengaktifkan JavaScript dalam pengaturan default. Pasalnya ketika internet dan JavaScript menyala dalam mode default, maka para hacker bisa meletakkan malware mereka di web browser yang Anda gunakan dan kemudian menginfeksi komputer Anda. Oleh karena itu, nonaktifkan JavaScript kala berinternet agar aman.

  • Hati-Hati Kala Download File dari Internet

Ketiga, hal yang perlu Anda lakukan sebagai tindakan preventif ketika berselancar di internet adalah hati-hati kala mengunduh file. Seperti yang sudah dijelaskan berkali-kali, malware ditaruh oleh para hacker pada web browser dimana sewaktu-waktu bisa menginfeksi komputer Anda. Alhasil ketika download pun, malware bisa menyerang. Inilah mengapa, perlu antivirus yang kuat kala Anda sering download file dari internet.

  • Tidak Asal Login Email di Internet

Terakhir, hal yang perlu Anda lakukan sebagai tindakan preventif ketika berselancar di internet adalah tidak asal login pada akun email Anda. Bukan karena email Anda berbahaya, melainkan adalah link yang Anda kunjungi. Bisa saja Anda membuka sebuah situs, kemudian diminta login, dan ketika Anda sudah masuk, maka serangan virus bisa datang dari sana. Itulah mengapa, hanya login dari situs yang terpercaya saja ya.

Instal Saja Perangkat Kaspersky Intenet Security

Anda tentu tahu bahwa untuk memblokir masuknya malware pada komputer dan menghapus serangannya, antivirus yang bagus perlu diinstal dan diperbarui secara berkala. Salah satu antivirus yang recommended untuk Anda gunakan menangkal serangan malware dari internet apapun bentuknya adalah perangkat Kaspersky Internet Security.

Program antivirus ini merupakan antivirus komputer buatan Kaspersky Lab yang didirikan oleh Eugene Kaspersky, Natalya Kaspersky, Vadim Bogdanov, dan Alexey De-Monderik pada tahun 1997 di Rusia. Tidak hanya mampu untuk memblokir virus dan berbagai jenis malware, program ini nyatanya juga bisa menghapus virus yang sudah menginfeksi di komputer Anda.

Beberapa kelebihan dari perangkat Kaspersky Internet Security adalah keamanan yang sangat kuat, web and email protection yang andalan, serta berbagai fitur menarik lainnya yang mungkin hanya akan Anda dapatkan dari antivirus ini saja. Oleh karena itu, instal program antivirus ini pada laptop dan pc Anda serta lakukan update program secara berkala. Tentunya, antivirus sehebat apapun tapi sudah out of date tidak akan bisa menangkal virus.

Tidak hanya itu saja, Anda sebaiknya juga melakukan beberapa tindakan pencegahan infeksi virus guna melindungi laptop / pc Anda. Adapun beberapa langkah preventif selain menginstal antivirus Kaspersky ini adalah jangan memasukkan flashdisk milik orang lain pada komputer Anda karena bisa saja ada indikasi serangan virus, gunakan komputer dengan pasword yang diganti secara berkala untuk menghindari hacker, dan tindakan lain-lainnya.

Demikian ulasan mengenai apa saja tindakan pencegahan yang perlu dilakukan untuk mencegah virus masuk kala internetan dan apa saja manfaat instal perangkat Kaspersky Internet Security. Semoga ulasannya bermanfaat.